Pepsodent adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia,sejak awal keberadaannya selalu memberikan keunggulan yang diminati oleh pelanggan. Pepsodent adalah pasta gigi pertama di indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflourida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di indonesia yang secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.
VISI
To become the first choice of consumer, costumer and community.
MISI
- Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
- Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan,konsumen dan komunitas.
- Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambahdari segala proses.
- Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orangdengan kinerja yang tinggi.
- Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yangmenguntungkan dan memberikan imbalan di atasrata-rata karyawan dan pemegang saham
- Menambah vitalitas dalam kehidupan. Memenuhi kebutuhan nutrisi, kebersihan dan perawatan pribadi sehari – hari dengan produk yang para konsumen merasa nyaman berpenampilan menarik dan lebih menikmati hidup.
PERTANYAAN
1. RIDA
NUR AZIZAH 1241173402055
Pertanyaan
: Apa yang dimaksud dengan Line Extention dalam PT.UNILEVER?
JAWAB
: Line extention adalah mengembangkan item produk dengan kategori yang sama
dengan menggunakan merk yang sama seperti rasa, bentuk, warna dan kemasan.
dalam hal ini, pepsodent telah
mengeluarkan berbagai varian produk yang disesuaikan dengan kebutuhan
masyarakat, yaitu :
1.
Pepsodent white
pencegah gigi berlumbang
2.
Pepsodent whitening
3.
Pepsodent Sensitive
4.
Pepsodent Herbal
5.
Pepsodent complete 12
6.
Pepsodent complete gum
care
7.
Pepsodent Gigi Susu
Strawberry
8.
Pepsodent Gigi Susu
Orange
9.
Pepsodent Complate 8
10.
Pepsodent Center Fresh
11.
Pepsodent Anak dora dan
Diego, pagi dan malam
12.
Pepsodent Munth Wash
13.
Pepsodent white Now
14.
Pepsodent Sensitive
Expert
Pepsodent
Thooth Brush Smart Clear, Family, Fighter, Easy Clean, Extra, Double Care,
Torsior, Whitening
2. AYU
LESTARI 1241173402046
Pertanyaan
: Dalam rumusan masalah terdapat pertanyaan tentang CRM, bagaimana strategi CRM
PT.UNILEVER?
JAWAB : Unilever adalah salah satu
perusahaan produksi dunia yang terbesar dengan omset $45 juta per tahun.
Unilever beroperasi di 88 negara seluruh dunia dengan jumlah karyawan 255.000
orang. Dan 2 dari 12 Grup bisnisnya bermarkas di United States. PT Unilever Indonesia
Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V.
Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di
Batavia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen,
margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan
minuman dari teh dan produk-produk kosmetik. Dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman
konsumen dan mengumpulkan informasi pelanggan yang lebih baik, Unilever telah
mulai menggunakan Astute Solusi RealDialog, yaitu
alat dalam panggilan pusat. RealDialogmenggunakan mesin linguistik menganalisis
pelanggan di masing masing kata dan kemudian menyediakan pusat kontak agen
sehingga dengan mudah membaca tanggapan.
RealDialog memungkinkan mereka untuk mengontrol pesan. Selain
itu, kekuatan utama dari sistem adalah simplifies agen
pekerjaan, yang memungkinkan mereka untuk memberikan jawaban lebih cepat
dan fokus dalam membangun hubungan. RealDialog Unilever juga
membantu pelanggan lainnya, termasuk mengumpulkan data konsumen. Sistem
log permintaan dan komentar mereka, sehingga eksekutif dan manajer dapat
mengukur kepuasan konsumen tentang produk mereka. Ketika kemampuan RealDialog Unilever
digunakan pada situs web pada tahapselanjutnya dari kerjasama, manajer akan
mampu bereaksi terhadap komentar konsumen online secara real time.
Unilever sebelumnya menggunakan database milik semua produk-produknya
di pusat panggilan. Perusahaan menghubungi pusat di Amerika Serikat dan Kanada
menangani lebih dari 90 merek, mencakup 14 kategori barang konsumen – Dan
kesulitannya yaitu mencari agen yang tepat untuk membuat tanggapan. Dengan RealDialog,konsumen
tidak akan berkomentar dalam membeli dan dapat benar benar mempercayainya, RealDialog manager
ini akan meningkatkan nilai dari pelanggan dan akhirnya menghasilkan
pendapatan karena mereka akan senang dengan layanan yang mereka rasakan
dan mendapatkan informasi produk yang sedang mereka cari.
3. VINNA
TRI AGUSTIANI 1241173402056
Pertanyaan
: Kenapa Pepsodent berada di posisi horizontal dan stabilitas?(Vinna Tri
Agustiani)
JAWAB : karena
pepsodent berada di posisi pertumbuhan dan mengalami kestabilitasan dalam
mengembangkan produknya.
4. RIMA
RISMAYANTI 1241173402071
Pertanyaan
: Apa yang dimaksud dengan Direct Marketing?
JAWAB : Direct
Marketing yang dilakukan PT. Unilever Indonesia adalah penggunaan teknologi
internet, karena PT. Unilever setiap mengadakan event-event selalu mengupload
kegiatannya ke media sosial sebagai
ajang mempromosikan produknya agar konsumen mengetahui kegiatan dan
produk-produknya. Penggunaan teknologi ini juga menjadi concern dalam strategi
pemasaran yang dilakukan oleh Pepsodent. Internet dan mobile merupakan media
yang memiliki potensi untuk dikembangkan dalam rangka strategi pemasarannya.
Berbagai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pepsodent memperkuat
kedudukannya sebagai Market Leader dibidang pasta gigi selama bertahun-tahun.
Hasil survey Frontier Consulting group tahun 2013 menunjukan pepsodent memiliki
indeks sebesar 71,6%. Brang image yang terbentuk pun dikatakan positif
sebagai produk perawatan kesehatan,
pepsodent mampu menunjukan kepada masyarakat bahwa mereka memiliki kepedulian
tinggi dibidang sosial.
5. KIRANA
PUTRI AYUNINGTYAS 1241173402083
Pertanyaan
: Apa improve visi dan misi dari PT.UNILEVER?
JAWAB :
VISI
: To become the first choice of consumer,
costumer and community
Penjelasan
: untuk menjadi pilihan pertama konsumen, pelanggan dan masyarakat.
Jadi
Unilever mengikuti tuntutan konsumen mengenai perkembangan produknya.
Improved
: visi yang dibuat Unilever lebih mudah dipahami oleh masyarakat.
MISI
:
·
Menjadi yang pertama dan
terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
·
Menjadi rekan yang utama
bagi pelanggan,konsumen dan komunitas.
·
Menghilangkan kegiatan
yang tak bernilai tambah dari segala proses.
·
Menjadi perusahaan
terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
·
Bertujuan meningkatkan
target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata
karyawan dan pemegang saham
·
Menambah
vitalitas dalam kehidupan. Memenuhi kebutuhan nutrisi, kebersihan dan perawatan
pribadi sehari – hari dengan produk yang para konsumen merasa nyaman
berpenampilan menarik dan lebih menikmati hidup.
Improved
: untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen dan menjadi pilihan utama di
kalangan masyarakat.
6. NITA
RUSWANINGSIH 1241173402123
Pertanyaan
: Positioning dari produk Pepsodent?
JAWAB : Salah
satu brand yang berhasil mengakar kuat dan sudah lama di indonesia adalah
produk pasta gigi pepsodent. Perjalanan panjang pepsodent menunjukan semakin
kuatnya brand ini. Berbagai upaya yang telah dilaksanakan Unilever berbuah
manis. Pepsodent pada awal launching melaksanakan positioning pada pasta gigi
lebih putih dan sehat yang selanjutnya disempurnakan sebagai perawatan gigi.
Pepsodent
yang dulu juga membangun positioning statement “Gigi Putih” saat ini telah
berhasil melakukan repositioning dengan “perlindungan gusi” dan “perlindungan
gigi berlubang”. Perubahan ini bukan semata-mata kata-kata yang di ubah, namun
produsen telah memikirkan perubahan kuantitatif target pasar dan segmen pasar
yang dibidik, tentu ketika seseorang mencapai usia tua dengan gigi berlubang
sangatlah tidak nyaman, sehingga pepsodent menjadi jawabannya.
saat
ini pepsodent membuat terobosan baru yang menciptakan produk yang dapat
membantu para pemakaiannya untuk semua masalah gigi. Yang semula hanya
pencegahan gigi berlubang, dan kini ada terobosan baru untuk orang dewasa
seperti dapat dibilang kakek nenek yang permasalahan gigi nya adalah mulai
tidak kuatnya untuk memakan sesuatu yang tertentu. Pepsodent pun lebih
mendekatkan produknya melalui turun lapangan, atau bias dibilang mengiklankan
produknya melalui masyarakat langsung. Seperti saat ini mendatangi
sekolah-sekolah untuk mengajari bagaimana cara menyikat gigi dengan benar,
kapan harus menyikat gigi, dan merawat gigi. Acara ini dikhususkan untuk anak
SD, selain itu ada acara games juga. Selain itu pepsodent juga mengadakan acara
yang memberangkatkan keluarga ke Pulau Bali tetapi dengan syarat mengirim
suratmelalui pos yangberceritakan tentang mengajak anaknya untuk menyikat gigi.
Dan itu dapat diterapkan pada iklan pepsodent selanjutnya.
targeting produk pepsodent
BalasHapus